Pengaruh Human Relation Islami Terhadap Kepuasan Kerja Pada Hotel Natama

Main Article Content

Umar Ma’ruf Manik
maya sari

Abstract

The goal of Islamic human relations on job satisfaction at hotels is to create a balanced and harmonious work environment for hotel employees. This can be achieved by implementing Islamic values in human resource management practices, such as fairness, equality and mutual respect. This study uses a quantitative approach. The population and sample are 40 respondents, namely the employees of Hotel Natama Padangsidempuan. The data source used in this research is primary data obtained by distributing questionnaires to respondents. Data analysis techniques in this study were data quality testing, classic assumption testing, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using SPSS software version 25. The results of this study indicated that Islamic human relations had an effect on Islamic job satisfaction. From the results of the Islamic human relations analysis test, it has a positive effect on Islamic job satisfaction. This is evidenced by the results obtained based on hypothesis testing, and a significance value of 64.3% and the remaining 35.7% is influenced by other variables not examined in this study .

Article Details

Section
Articles

References

Al-Qur’an

Agus Eko Sujianto. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi

Pustaka. 2009

Agus Sulistiono. Manajemen Penyelengaraan Hotel. Bandung: Alfabeta. 2011

Anwar Prabu Mangkunegara. Sumber Daya Manusia dan Perusahaan, Cetakan

kedua belas. Bandung: Remaja Rosadakarya. 2015

Arjana I Gusti Bagus. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edisi 1 Cetakan

Jakarta: Rajawali Pers. 2016

Edy Sutrisno. Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Ke-8. Jakarta: Prenada

Media Group. 2016

Efendi Onong Uchjana. Human Relation dan Public Relation. Bandug: Mandar

Maju. 2009

Hasibuan S.P Melayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

I Gusti Bagus Rai. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Depublish. 2014

I Made Trisna. Perencanaan dan Perancangan Hotel. Yogyakarta: Depublish.

Ismayanti. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo. 2011

Hasibuan S.P Melayu. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi.

Jakarta: Bumi Aksara. 2015

Hasibuan S.P Melayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Prakoso. Front Office Praktis dan Prosedur Kerja. Yogyakarta: Gava Media.

Rosady Ruslan. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. Jakarta: PT.

Rajagrafindo Persad. 2008

Stephen Robbins. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. 2015

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta. 2013

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

ALFABETA. 2008

Tony Wijaya, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: Graha

Ilmu. 2013

Arikunto, S. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta:

PT Rineka Cipta. 2002

Ade Gunawan, Wimpi Siski Pirari dan Maya Sari. Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhmmadiyah Sumatera Utara. Jurnal Humaniora. UMSU Vol. 4 No. 2 Oktober 2020

Afrian Rahman dan Kasmiruddin. 2017. Pengaruh Human Relation Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Jalur Nugraha Eka Kurir Pekanbaru. Jurnal Administrasi Bisnis. UNRI

Danang Gustandi. Pengaruh Huaman Relation Terhadap Etos Kerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Permukiman). Jurnal: Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta. 2017

Desti Ayu Sugianti, Reni Sri Purwati dan M. Aziz Basari. 2020. Pengaruh Huaman Relation Terhadap Etos Kerja Pegawai. Jurnal Ekonomi. Universitas Galuh Vol. 2 No. 2 Juni 2020

Dina Irnanda, Eva Mifidah dan Yufenti. Pengaruh Human Relation dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sindu Amritha Kota Pasuruan. Jurnal: Ekonomi Manajemen Akuntansi. 2019

Jufrizen, Raihanah Daulay, Maya Sari dan Muhammad Irfan Nasution. Model Epiris Peningkatan Kepuasan dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Intagram. Jurnal Ilmiah Manajemen. UMSU Vol. 10 No. 2 Juni 2020

Husein, Nirza Marzuki dan Adrian Hady. 2012. Pengaruh Lingkungan Kerja Dana Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Hotel Melati di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banjarmasin. Vol.3 No. 1

Ketut Melinda dan I Gede Putu Kawiana. Pengaruh Huamans Relation Disiplin dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Kaeyawan pada PT. Orchid Boga Utama. Jurnal: Manajemen Kewirausahaan dan Pariwisata. 2021

Lidia Lengkey, Himpong Meity dan Norma Mewengkang. Peranan Human Relation Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara. E-journal Acta Diurna. 2019

Maya Sari dan Tika Arwinda. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Peusahaan PT. Jamsostek Cabang Belawan. Jurnal Riset Akuntasi dan Bisnis. UMSU Vol. 15 No. 1 Maret 2015

Mery Agustina Rahayu. Analisis Human Relation dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UD. Bumi Makmur. Jurnal: Manajemen Ekonomi. Universitas Lamongan. 2020

Nova Syafriani. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Suka Fajar Pekanbaru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 8 No. 4

Nurul Aeni Sahbuddin. Pengaruh Huaman Relation dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makasar. Skripsi: Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Alauddin Makassar. 2016

Pratama dan Indra Septy. Pengaruh Human Relation dan lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus RS Sultan Agung Semarang). Skripsi: Ekonomi Manajemen. Universitas Sultan Agung. 2020