Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Bahbutong Pada PTPN IV Unit Teh Bahbutong

Main Article Content

Nadia Ika Purnama
Susilawati
Seprida Hanum

Abstract

This research aims to determine the influence of product quality, price and promotion variables on purchasing decisions, both partially and simultaneously, for Bahbutong Tea at the PTPN IV Bahbutong Tea unit. This research approach is associative. The population is 100 customers and the sample is 100 customers. Data collection techniques in this research used interview techniques, documentation studies, observations and questionnaires. The data analysis technique in this research uses Multiple Linear Regression Analysis Test, Hypothesis Test (t Test and F Test), and Coefficient of Determination. Data processing in this research used the SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) software program version 29.00. The results of the t test research show that there is a positive influence of the product quality variable (X1) on the purchasing decision variable (Y). There is a positive influence of the price variable (X2) on the purchasing decision variable (Y). There is a positive influence of the promotion variable (X3) on the purchasing decision variable (Y). Tests carried out simultaneously show that the variables product quality (X1), price (X2) and promotion (X3) influence purchasing decisions (Y).

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, Thamrin & Tantri (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Pt. Rajagrafindo Persada

Arianty, N, (2016). Manajemen Pemasaran. Medan : Perdana Publishing Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawaliassauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali

Cannon, (2009). Pemasaran Dasar. Jakarta : Salemba Empat Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen. Bandung : Alfabeta

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159.

Gultom, D, K., & Hasibuan, L, P. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), 214-215.

Gultom, D, K. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(1), 81-89.

Hasoloan, J. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta : Deepublish

Handoko, B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt.Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk) Tanjung Morawa Bagus Handoko. In Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 15(1), 1- 14.

Handoko, Bagus (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Stie Harapan Medan,18(1), 63-72

Ika, N. P., Hanum Harahap, S., & Syahputri Siregar, D. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Ompu Gende Coffee. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 18-24.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (N.D.). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep Dan Aplikasi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran . Jakarta : Erlangga. Lubis, A. K. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan HijauHarian Orbit Medan.

Jurnal Ilmiah Dan Manajemen, 16(2), 1-13.

Mantau, V., & Citra, S., (2014). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Stie Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat, 2(2), 82-93

Nugroho, N. T. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga DanPromosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komunikasi. 8(1), 1-13.

Ongoh, D, G. (2015). Analisis Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado The Influence Of Promotional StrategyAnd Price On Purchase Decision Of Suzuki Ertiga At PT. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. 3(3), 582- 594.

Purnama, I, N., Nasution, M, F, H., & Astuti, R. (2022). Pengaruh HargaKelengkapan ProdukDan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di 212 Mart. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi,). 3(1). 74-86.

Purnama, I, N., Ramadhan, A., & Kurniawan, R. (2021). The Influence Of Price, Promotion And Product Quality On Samsung Smartphone Purchase Decisions In Umsu Students. Proceeding International Seminar on Islamic Studies. 2(1). 27-28.

Purnama, I, N., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan. 1(1). 174- 181.

Peter & Olson, (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Jakarta : SalembaEmpat

Rachmawati, A., Agus Kana, A., & Anggarini, Y. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, DanGaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab Di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1-9.

Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Harga Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang, 8(2), 92-121.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek TerhadapKeputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosromedan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 1-12.

Fatmalawati, D, S., & Andriana, A, N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian UlangKosmetik PT. Paragon Technology And Innovation. Jurnal Manajemen & Bisnis, 10(1), 1-8.

Sudaryono, (2016). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Cv. Andi Offset

Soepeno, D. (2014). Kualitas Produk, Strategi Harga, Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Nusantara Surya Sakti Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3),1485-1494

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67-86.

Tirtayasa, S., & Ramadhani, F. (2023). The Effect Of Price, Product Quality And Hedonism Lifestyle On Diamond Shops Purchasing Decisions Mediated By Perceived Value At Diamond Shops In Medan City Jurnal Ekonomi, 12(2), 520-531.

Tjiptono, F. 2008 Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 8- 17.

Wantojo, M. (2018). Pengaruh Daya Saing Produk, Harga, Tempat, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Emas Sumber Djaja. AGORA, 6(2), 1- 6.

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Normal Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 66-79.

Woy, M. A. D., Mandey, S., & Soepeno, D. (2014). Kualitas Produk, Strategi Harga,Promosi Pengaruhnya Terhadapkeputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Nusantara Surya Sakti Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1443-1563.

Yustiawan, O, (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario, Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(1), 74.83.