TCSC Penerapan Modul Panel Surya Dan Rangkaian Listrik Di Sd Muhammadiyah 18 Medan Kecamatan Medan Perjuangan
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v5i1.1008Keywords:
Rangkaian Listrik, Teknik Elektro, Modul Panel SuryaAbstract
Penerapan sistem pembelajaran Modul Panel Surya dan dasar pengenalan rangkaian listrik akan memacu pengembangan sistem pembelajaran melalui teknologi dan informasi yang berkembang. Pelatihan dengan penerapan metode perancangan Modul Panel Surya dan modul praktek dasar rangkaian listrik dapat menjawab permasalahan yang ada pada mitra. Pelatihan Kolaborasi pengabdian yang akan diadakan diharapkan terjalin hubungan baik antara tim TCSC Politeknik Negeri Medan dengan melibatkan institusi dari perguruan tinggi lain didalam dan luar negeri serta SD Muhammadiyah 18 Medan sebagai mitra binaan dengan dibentuknya ekstrakurikuler teknik elektro tingkat sekolah dasar yang mampu berkompetisi dengan sekolah lainnya. Penerapan metode pelatihan dan pembelajaran yang digunakan dengan beberapa tahapan yaitu survey pelaksanaan kegiatan dengan membangun komitmen bersama mitra selanjutnya melakukan transfer keilmuan yang dimiliki pada saat pelatihan Modul Panel Surya yang bermuara memberikan persiapan dibentuknya kegiatan ekstrakurikuler teknik elektro yang berbasis teknologi yang disesuaikan pada tingkat sekolah dasar..Downloads
References
Abdullah, A., Cholish, C., Haq, M. Z., Tampubolon, F. R., & Devita, R. (2021). Sosialisasi Sistem Penerangan Listrik dan Perhitungan Tarif Listrik Tahun 2020 pada Pemuda Muhammadiyah Cabang Pulo Brayan Darat. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 104–108. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.122
Chrisna, S., Haq, M. Z., & Siagian, S. M. (2022). Peningkatan Kemampuan Dasar Listrik pada Multisim bagi Guru dan Siswa SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan. 2(1), 99–103.
Dapodikbud. (2020). Sekolah Kita. Data Sekolah.Kemdikbud.Go.Id.
Dikdasmen PWM Sumut. (2020). SDS MUHAMMADIYAH 27 _ Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Sumut.
Gumelar, B. W., Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2019). Pembelajaran Energi Terbarukan Untuk Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kabupatan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(1), 16. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504
Haridiati, I. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.7
LIESMA SAKTIANI, S. P. (2022). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sekolah Dasar Negeri 1 Empang, 3.
Mulyani. (2015). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Rangkaian Listrik Seri dan Pararel Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 45–54.
Polmed. (2020). Rencana Strategis Politeknik Negeri Medan Tahun 2020 - 2024 (p. 68). https://polmed.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/RENSTRA-UPDATE.pdf
Polmed. (2021). LAPORAN KINERJA TAHUN 2020 POLITEKNIK NEGERI MEDAN. https://polmed.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/LAKIN-2020.pdf
Rosyid, K. (2011). PENINGKATAN PENGUASAAN TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SDN TAMANAGUNG I KECAMATAN MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.
Samsurizal, S., Azzahra, S., Christiono, C., Fikri, M., Azis, H., & Yogianto, A. (2021). Prototype Pembelajaran Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Berbasis Energi Surya. Terang, 4(1), 125–135. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1278
Solikati, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana dengan Metode Eksperimen. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, I(2), 310–322
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.