Pkm Optimalisasi Program Guru Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Authors

  • ina Namora Putri Siregar Universitas Prima Indonesia
  • Putri Kemala Dewi Lubis Universitas Negeri Medan
  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan
  • M. Bukhori Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Ainul Mardhiyah Universitas Negeri Medan
  • Khairuddin E Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Dita Eka Pertiwi Sirait Universitas Negeri Medan
  • Putri Sari Silaban Universitas Negeri Medan
  • Charles Fransiskus Ambarita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v5i1.1028

Keywords:

Guru Penggerak, Pelatihan

Abstract

Di kampus Universitas Prima Indonesia dan Universitas Negeri Medan, sejumlah dosen menjalankan sebuah program yaitu salah satunya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh sekolah yang menerapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka. Sangat beragam salah satunya yang dialami oleh sekolah- sekolah diantaranya, kurangnya sosialisasi penerapan kurikulum baru yang membutuhkan waktu agar penerapan kurikulum baru dapat berjalan dengan optimal. kegiatan PKM ini yang menjadi Mitra adalah Sekolah SMP Negeri 32 Medan. Perubahan kurikulum di Indonesia sudah mengalami beberapa kali pergantian, hal ini dilatar belakangi oleh beberapa sebab tertentu sehingga ada kebijakan untuk menerapkan kurikulum yang baru. Setiap pengambilan keputusan pasti memiliki tantangan yang harus dicarikan solusi sehingga penerapan kurikulum baru dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah dirancang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Manalu, Juniarti. 2022. Program Pendidikan Guru Penggerak: Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran dan Riset, 1 (1), 129-138

Surahman. 2022. Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (4), 376-387

Yokoyama, Yusak. 2022. Implementasi Kompetensi Guru Penggerak dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16 (2), 187-200

Additional Files

Published

2024-02-28

How to Cite

Namora Putri Siregar, ina, Putri Kemala Dewi Lubis, Revita Yuni, M. Bukhori Dalimunthe, Ainul Mardhiyah, Khairuddin E Tambunan, … Charles Fransiskus Ambarita. (2024). Pkm Optimalisasi Program Guru Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 19–24. https://doi.org/10.53695/jas.v5i1.1028

Issue

Section

Articles