Pkm Optimalisasi Program Guru Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v5i1.1028Keywords:
Guru Penggerak, PelatihanAbstract
Di kampus Universitas Prima Indonesia dan Universitas Negeri Medan, sejumlah dosen menjalankan sebuah program yaitu salah satunya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh sekolah yang menerapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka. Sangat beragam salah satunya yang dialami oleh sekolah- sekolah diantaranya, kurangnya sosialisasi penerapan kurikulum baru yang membutuhkan waktu agar penerapan kurikulum baru dapat berjalan dengan optimal. kegiatan PKM ini yang menjadi Mitra adalah Sekolah SMP Negeri 32 Medan. Perubahan kurikulum di Indonesia sudah mengalami beberapa kali pergantian, hal ini dilatar belakangi oleh beberapa sebab tertentu sehingga ada kebijakan untuk menerapkan kurikulum yang baru. Setiap pengambilan keputusan pasti memiliki tantangan yang harus dicarikan solusi sehingga penerapan kurikulum baru dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah dirancangDownloads
References
Manalu, Juniarti. 2022. Program Pendidikan Guru Penggerak: Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran dan Riset, 1 (1), 129-138
Surahman. 2022. Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (4), 376-387
Yokoyama, Yusak. 2022. Implementasi Kompetensi Guru Penggerak dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16 (2), 187-200
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.