Sosialisasi Peluang Kerja Di Industri Siswa/Siswi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran Imelda
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v5i2.1064Keywords:
Peluang kerja, Administrasi perkantoran, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh di bangku sekolah, seperti mengoperasikan komputer, mengelola dokumen, dan berkomunikasi dengan baik, menjadi modal utama untuk bersaing di dunia kerja. Ditambah dengan soft skill seperti disiplin, teliti, dan mampu bekerja sama tim, menjadikan lulusan SMK Administrasi Perkantoran semakin diincar oleh berbagai perusahaan. Siswa/siswi SMK Imelda Medan jurusan Administrasi perkantoran akan diperkenalkan mengenai peluang kerja diIndustri yang berkaitan dengan jurusan mereka. Metode yang digunakan pada program ini adalah pengenalan materi melalui ceramah dan diskusi. Materi yang disampaikan adalah jenis dan bidang pekerjaan yang menanti siswa/siswi jurusan administrasi perkantoran di sector industri. Pemberdayaan siswa/siswiwarga melalui kegiatan penyuluhan, edukasi, pelatihan (interaksi dan komunikasi), serta dialog dengan warga di komunitas. Selain itu diperlukan dukungan kemitraan dengan membangun jejaring dan mekanisme kerja sama kelembagaan antara perusahaan, pelaksanaan berjalan lancar, seluruh siswa/siswi sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan tersebut. Berdasarkan evaluasi tingkat pemahaman siswa/siswi, program ini dinilai berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman terhadap peluang kerja diIndustri yang berkaitan dengan jurusan mereka .Downloads
References
Becker, G. S. (1964). Human Capital New York. Columbia University for the National Bureau of Economic Research.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-2271-7
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of instructional design (4e éd.). New York, NY Holt, Rinehart Winst.
Hackman, J. R., & Oldham, G. R. (1976). Motivation through the design of work: test of a theory. Organizational Behavior and Human Performance, 16(2), 250–279. https://doi.org/10.1016/0030-5073(76)90016-7
Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments. Psychological Assessment Resources.
Humaysah, H., Zarah, J. A., Harianto, A., Luthfiyyah, S., & Wismanto, W. (2023). PUSAT PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1079–1086.
Mankiw, N. G., Quah, E., & Wilson, P. (2014). Pengantar Ekonomi Mikro Principles of Economics. Jakarta: Salemba Empat, 476.
McClelland, D. C. (1973). Testing for competence rather than for “intelligence.” American Psychologist, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.1037/h0034092
Mukasi Wahyu Kurniawati, & Zeni Ulma. (2023). Sosialisasi Pentingnya Persiapan Studi Lanjut Atau Bekerja Sebelum Kelulusan Bagi Siswa Smk (Smkn 2 Yogyakarta). NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 221–227. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1654
Nasution, H., & others. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Ditinjau dari Aspek Pendidikan, Marketing dan Organisasi. Universitas Sumatera Utara.
Porter, M. E. (1985). Keunggulan bersaing: menciptakan dan mempertahankan kinerja unggul. Penerbit Erlangga.
Savickas, M. L. (2002). Reinvigorating the Study of Careers. Journal of Vocational Behavior, 61(3), 381–385. https://doi.org/10.1006/jvbe.2002.1880
Schumpeter, J. A. (2008). The theory of economic development.
Scriven, M. (1991). Evaluation thesaurus. Sage.
Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons.
Super, D. E. (1957). The psychology of careers; an introduction to vocational development.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard UP.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.