PkM Meningkatkan Nilai Jual Gula Aren Melalui Kemasan Yang Menarik
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.567Keywords:
kemasan, brand label, gula arenAbstract
Terbatasnya pengetahuan pemilik usaha tentang pemasaran produk menyebabkan nilai jual produk gula aren yang diproduksi masyaralat Desa Pematang Guntung menjadi rendah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan kemasan yang menarik yang dapat memikat minat pembeli sehingga nilai jual dari produk tersebut menjadi tinggi. Dengan nilai jual yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pemilik usaha gula aren. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi. Setelah dikemas dengan baik dan diberi brand, gula aren tampak menarik dan bersihDownloads
References
Masayu Endang Apriyanti. 2018. “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan.” Jurnal Sosio E-kons 10(1): 20–27. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/view/2223.
Smits, W. 2004. “Pengalaman Pengembangan Tanaman Aren Untuk Konservasi Lahan Dan Lingkungan Hidup.” In Seminar Pengembangan Aren, Tondano.
Willy Willy, Siti Nurjanah. 2019. “Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi.” Jurnal Ilmu Manajemen 8(2): 65–74. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1820.
Yana Erlyana. 2019. “Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model VIEW: Studi Kasus Keripik Maicih.” In SENADA (SEMINAR NASIONAL DESAIN DAN ARSITEKTUR), Denpasar, 302–8. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/203.