Penyuluhan Mengenai Pentingnya Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik ke Anak-anak SD Muhammadiyah 02 Medan

Authors

  • Gina Cynthia Raphita Hasibuan Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Sumatera Utara
  • Nisaul Fadilah Dalimunthe Department of Chemical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Sumatera Utara, Padang Bulan, Medan 20115, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v3i2.661

Keywords:

Sampah, Pengelolaan, Edukasi, Sampah Organik dan Non-Organik

Abstract

Permasalahan sampah ini juga merupakan salah satu permasalahan krusial yang dihadapi Indonesia. Namun demikian, kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah masih belum optimal. Pentingnya pendidikan mengenai pengelolaan sampah perlu dilakukan sejak dini agar dampak negatif sampah bisa diminimalisasi.  Untuk itu tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memupuk kesadaran serta meningkatkan pemahaman anak-anak sekolah dasar mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah serta membuang sampah dengan benar sesuai dengan jenisnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bersifat penyuluhan dan hands-on experience, dimana anak-anak SD Muhammadiyah 02 Medan langsung diajarkan untuk memilah sampah dan memasukkan sampah tersebut ke tong sampah organik atau non-organik yang telah disediakan. Hasil yang diharapkan adalah pemahaman yang meningkat tentang pengelolaan sampah serta penerapan yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar dimulai dari lingkungan serta kesehariannya sendiri. Untuk kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya dapat diarahkan ke praktik bagaimana cara mengolah dan melakukan daur ulang sampah organik maupun non-organik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, N. N., Yuliarti, E., & -, M. (2015). Penerapan Prinsip 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replant Dan Replace) Sebagai Upaya Efektif Menangani Masalah Sampah Rumahtangga. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 13(1). https://doi.org/10.33369/DR.V13I1.4131

Biome. (n.d.). The 5 Rs of Zero Waste | Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot |. Retrieved February 22, 2022, from https://www.biome.com.au/blog/5-rs-zero-waste/

Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi Multimedia Development Live Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(2).

Fadlilah, A. N., & Muqowim, M. (2020). SettingsThe Effective and Creative Method to Teach Environmental Care Attitudes for Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 91–97.

Rahmayanti, H., Oktaviani, V., & Syani, Y. (2020). Development of sorting waste game android based for early childhood in environmental education. Journal of Physics: Conference Series, 1434(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1434/1/012029

Smile Foundation. (2020, December 1). Teaching waste management to children - smilefoundationindia. https://www.smilefoundationindia.org/blog/teaching-waste-management-to-children/

Sulistyawati, S., Sukesi, T. W., Mulasari, S. A., Tentama, F., & Djannah, S. N. (2020). Knowledge, Attitude and Practice towards Waste Management among Primary School Children. Asian Journal of Education and Social Studies, 24–30. https://doi.org/10.9734/AJESS/2020/V8I430234

Thao, P. H. T., & Kato, T. (2017). Measuring the effect of the solid waste education for sustainability at elementary schools in Da Nang city, Vietnam. Journal of Sustainable Development Education and Research, 1(1), 35–44.

Zulfikar, W., Widhiantari, I. A., Putra, G. M. D., Muttalib, S. A., Hidayat, A. F., & Baskara, Z. W. (2021). Sosialisasi Zero Waste Di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1). https://doi.org/10.29303/AMTPB.V3I1.64

Additional Files

Published

2022-08-04

How to Cite

Hasibuan, G. C. R., & Dalimunthe, N. F. (2022). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Pemilahan Sampah Organik dan Non-Organik ke Anak-anak SD Muhammadiyah 02 Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 194–202. https://doi.org/10.53695/jas.v3i2.661

Issue

Section

Articles