Workshop Literasi Digital Penggunaan Aplikasi Bagi Guru SMKS Pangeran Antasari Deli Serdang Sumatera Utara

Digital Literacy Workshop on Application Usage for Prince Antasari Vocational High School Teachers, Deli Serdang, North Sumatra

Authors

  • Heri Kusnadi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Muhammadiyah Batam
  • Amrullah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Agus Fahmi Limas Ptr Universitas Potensi Utama
  • Trinanda Syahputra Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Triguna Dharma
  • E Affandi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Triguna Dharma

Keywords:

Literasi, Workshop, Covid-19, Guru, SMKS, Literasi digital, Deli serdang, Sumatera Utara, Aplikasi bagi guru

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu pendorong transformasi dunia pendidikan. Hal ini mendorong pentingnya pemahaman literasi digital guru dalam menyikapi transformasi pendidikan di masa pandemi Covid-19. Sebagian besar guru memiliki keterampilan digital yang tidak berbanding lurus dengan perkembangan teknologi digital yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa keterampilan digital yang dimiliki guru masih belum memuaskan, untuk itu guru perlu memahami literasi digital. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan menambah pengetahuan guru tentang literasi digital selama pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Sasaran adalah guru SMKS Pangeran Antasari Deli serdang Sumatera Utara. Hasil kegiatan PKM menunjukkan peningkatan pemahaman literasi digital yang signifikan, yaitu sebesar 37.43%. Dengan kata lain, terjadi peningkatan pemahaman literasi digital guru terhadap permasalahan yang muncul akibat transformasi digital pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. S. Kuncoro et al., “Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19,” Abdi Wiralodra J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 17–34, 2022, doi: 10.31943/abdi.v4i1.50.

E. E. Yunita Yunita, “Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19,” Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning Diskurs. Melalui Probl. Soving Di Era Pandemik Covid-19, vol. 2, no. 1, pp. 133–146, 2021.

Suhendra, D. Nurbaeti, and S. Gustiawati, “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1409–1417, 2021.

M. A. Abilisa, 1, M. T. . , Ir.Rita Magdalena, M. T. , Sofia Sa’idah, S.T, and 3, “Identifikasi Jenis Kulit Manusia Menggunakan Metode Glcm Dan Lvq Berbasis Android,” eProceedings …, vol. 8, no. 1, pp. 182–197, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/viewFile/14265/14049

A. Rifai, “Urgensi Literasi Digital Bagi Guru Smp Yabujah Di Masa Pandemi Covid-19,” SINAU J. Ilmu Pendidik. dan Hum., vol. 7, no. 2, pp. 58–70, 2021, doi: 10.37842/sinau.v7i2.68.

F. N. Rahma, F. Wulandari, and D. U. Husna, “Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2470–2477, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/864

R. Y. Putri and S. Supriansyah, “Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 3007–3017, 2021, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1055

Additional Files

Published

2022-06-04

How to Cite

Kusnadi, H., Amrullah, Agus Fahmi Limas Ptr, Trinanda Syahputra, & Affandi, E. (2022). Workshop Literasi Digital Penggunaan Aplikasi Bagi Guru SMKS Pangeran Antasari Deli Serdang Sumatera Utara: Digital Literacy Workshop on Application Usage for Prince Antasari Vocational High School Teachers, Deli Serdang, North Sumatra. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 241–246. Retrieved from https://www.jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/jas/article/view/693

Issue

Section

Articles