Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Elearning Berbasis LMS Upaya Peningkatan Kualiatas Pembelajaran SMA Muhammadiyah 1 Dimasa Pandemi

Authors

  • Yoshida Sary Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Martiano Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fatma Sari Hutagalung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Farhan Al-iksan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v3i2.712

Keywords:

ICT, Learning, Completeness Value

Abstract

keberhasilan hasil belajar diperoleh dengan kemampuan guru dalam menguasai media pembelajaran. Di zaman sekarang ini pengunaan ICT dalam pendidikan semakin pesat. Dan menghasilkan pembelajaran yang menarik, kapan, saja dan dimana saja. Aplikasi moodle mampu memberikan beragam fasilitas yang menunjang kegiatan guru selama proses belajara mengajar. Selama observasi 1 yang dilakukakan oleh peneliti kentutasan guru dalam menguasai moodle mencapai 63.25%. sedangkan persentase yang tidak lulus mencapai 36.75% dari hasil tersebut maka dilanjutkan pada observasi yang 2. Observasi 2 guru memperoleh nilai ketuntasan mencapai 92.25 %, sedangkan persentasi yang tidak lulus mencapai 7.75%. peningkatan hasil belajar ini deperoleh dari pemebimbingan yang tidak lepas dari guru mata pelajaran kepada peneliti melalui fasilitas seperti aplikasi Whatsap, dan Google meet sehingga manfaat dapat dirasakan langsung oleh guru yang mengikuti pelatihan moodle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heru Suhartanto. (2010). Strategi Implementasi Sistem E-Learning untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.

Herman dwi surjono. 2005. Pengembangan e-learning dengan moodle. Hhtp://herman.elearning-jogja.org, diakses 02 desember 2010.

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press

Martiano, M. (2021). Development of A Base Learning Project Model With Online Media In An Effort to Increase Learning Activities During the COVID-19 Pandemic. International Journal of Basic and Applied Science. 10 (2) (2021) 36-41.

Https://ijobas.pelnus.ac.id/index.php/ijobas/article/view/52/42

sugeng, 2016. Panduan pengunaan Moodle. PT. Ebimbel Indonesia

Additional Files

Published

2022-06-04

How to Cite

Sary, Y. S., Martiano, M., Hutagalung, F. S., & Al-iksan, F. A.- iksan. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Elearning Berbasis LMS Upaya Peningkatan Kualiatas Pembelajaran SMA Muhammadiyah 1 Dimasa Pandemi. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 293–300. https://doi.org/10.53695/jas.v3i2.712

Issue

Section

Articles