Pengaruh Performa Sepeda Motor Vario 150 Menggunakan ECU Standar dan ECU Racing Dengan Tambahan Velocity Air Intake Racing
DOI:
https://doi.org/10.53695/jm.v6i2.1327Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ECU standard dan ECU racing yang dikombinasikan dengan velocity air intake racing terhadap performa sepeda motor Honda Vario 150. Pengujian dilakukan untuk mengukur torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik (Specific Fuel Consumption/SFC) pada lima tingkat putaran mesin, yaitu 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konfigurasi ECU racing memberikan performa yang lebih baik dibandingkan ECU standard. Torsi dan daya maksimum yang dihasilkan oleh ECU racing lebih tinggi, yaitu masing-masing sebesar 17,0 Nm dan 14,6 HP pada 6000 rpm. Sementara itu, nilai SFC terendah juga diperoleh pada konfigurasi racing dengan angka 0,0327 kg/HP.jam, yang menandakan efisiensi bahan bakar lebih baik. Dengan demikian, penggunaan ECU racing yang dipadukan dengan velocity air intake racing terbukti mampu meningkatkan performa mesin secara menyeluruh sekaligus mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works published under Creative Commons license CC-BY-SA which mean that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. User are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms

Jurnal Mesil (Mesin Elektro Sipil) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
