Pengaruh Performa Sepeda Motor Vario 150 Menggunakan ECU Standar dan ECU Racing Dengan Tambahan Velocity Air Intake Racing

Authors

  • F Ananda Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.53695/jm.v6i2.1327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ECU standard dan ECU racing yang dikombinasikan dengan velocity air intake racing terhadap performa sepeda motor Honda Vario 150. Pengujian dilakukan untuk mengukur torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik (Specific Fuel Consumption/SFC) pada lima tingkat putaran mesin, yaitu 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konfigurasi ECU racing memberikan performa yang lebih baik dibandingkan ECU standard. Torsi dan daya maksimum yang dihasilkan oleh ECU racing lebih tinggi, yaitu masing-masing sebesar 17,0 Nm dan 14,6 HP pada 6000 rpm. Sementara itu, nilai SFC terendah juga diperoleh pada konfigurasi racing dengan angka 0,0327 kg/HP.jam, yang menandakan efisiensi bahan bakar lebih baik. Dengan demikian, penggunaan ECU racing yang dipadukan dengan velocity air intake racing terbukti mampu meningkatkan performa mesin secara menyeluruh sekaligus mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-12-2025

How to Cite

Ananda, F. (2025). Pengaruh Performa Sepeda Motor Vario 150 Menggunakan ECU Standar dan ECU Racing Dengan Tambahan Velocity Air Intake Racing. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 6(2), 68–75. https://doi.org/10.53695/jm.v6i2.1327