RESPON PEDAGANG DAN KONSUMEN TERHADAP KENAIKAN HARGA CABAI MERAH (Capsicum annuum L) DI PASAR PENDIDIKAN KOTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi cabai merah yang relatif tinggi dan akan semakin meningkat pada saat hari-hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri, adha, natal dan tahun baru. Konsumsi rumah tangga di Indonesia terhadap komoditas cabai merah sebesar 1.802 kg/kapita/tahun lebih rendah dari cabai rawit yaitu sebesar 1.807 kg/kapita/tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat respon pedagang dan konsumen cabai merah terhadap kenaikan harga cabai di pasar Pendidikan kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebesar 60% atau sebanyak 6 orang responden pedagang cabai merah sepakat terhadap kenikan harga cabai yang mendatangkan manfaat untuk peingkatan pendapatan merekan dan sebesar 40% atau sebanyak 4 orang responden pedangang cabai merah tidak sepakat terhdapa kenaikan harga cabai merah di Pasar Pendidikan Kota Medan. Sementara 100% konsumen atau sebanyak 30 orang responden konsumen cabai merah tidak sepakat atas kenaikan harga cabai di Pasar Pendidikan Kota Medan.
Article Details
Section
Articles