KOMODIFIKASI KONTEN DIGITAL PADA AKUN YOUTUBE TVONE (KASUS KEMATIAN VINA CIREBON)

Main Article Content

Andi Lasuardy
Eli Jamilah Miharja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik komodifikasi konten digital pada kanal YouTube tvOne dalam peliputan kasus kematian Vina Cirebon. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan paradigma kritis, penelitian ini menelaah sebelas video yang diunggah antara Mei hingga Desember 2024 serta data analitik terkait performa dan karakteristik audiens. Hasil menunjukkan bahwa konten dikomodifikasi melalui judul sensasional, visual dramatis, dan narasi berulang untuk menarik perhatian dan meningkatkan interaksi. Audiens dikomodifikasi sebagai data pasar yang dimanfaatkan untuk kepentingan iklan, sementara pekerja media mengalami tekanan produksi tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa media digital, khususnya YouTube, telah bergeser dari fungsi informatif menjadi instrumen kapital dalam ekosistem ekonomi digital. Penelitian ini menekankan pentingnya mengkaji bagaimana media digital beroperasi dalam logika kapitalisme, di mana konten, audiens, dan pekerja media diperlakukan sebagai komoditas demi kepentingan ekonomi institusi media.

Article Details

Section
Articles