Efektivitas Pelaksanaan Simpan Pinjam Modal UMKM dalam Rangka Pelayanan Usaha Mikro Kecil Mengengah pada Koperasi Simpan Pinjam Pemerintah Kota Tanjung Balai

Main Article Content

Riri Mailina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Simpan Pinjam Modal UMKM Dalam Rangka Pelayanan Usaha Miro, Kecil dan Menengah  pada Koperasi Simpan Pinjam Pemerintah Kota Tanjung Balai. metode dalam penelitian ini adalah metode/jenis penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pemberian pelayanan simpan pinjam modal UMKM yang dilaksanakan oleh kantor Koperasi Simpan Pinjam Kota Tanjung Balai terhadap anggota simpan pinjam sudah dilaksanakan tepat waktu dan efektif, serta tidak pernah mengulur waktu dan tidak pernah berbelit-belit.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, 2001 :Menuju Pelayanan Prima, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Boediono, 2003 :Pelayanan Prima, Rinneka Cipta, Jakarta.

Barata, 2004 :Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta : Elexmedia Komputindo

Efendi, 2000 Pembangunan Kualitas Admnisitrasi Negara, Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Lukman, Sampara, 2000 :Manajemen Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan,

Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moleong, 2002 :Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Moenir, 1992.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:

BPFE

Nawawi, Handari, 1991: Metode Penelitian Survei, Liberty, Yogyakarta.

--------, 1992 :Metode Penelitian Bidang Sosial, Gaja Mada Pers: Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Ratminto dan Atik, 2005 :Manajemen Pelayanan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sianipar, 2008 :Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta : LAN

Sinambela, Lijan Poltak dkk, 2006: Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta:Bumi Aksara

Siagian S.P, 2000, Efektivitas Organisasi, Jakarta Sinar Harapan.

Sugiarto, 1991 :Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sumartono, 2007 :Refleksi Otonomi Daerah Terhadap Indeks Kepuasan Pelayanan Masyarakat Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Menuju Good Local Governance, Jakarta

Syahril, 1991 :Pelayanan Bimbingan, Padang

Swastika, 2005 :Pelayanan Prima, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, 2002 :Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Utama

The Liang Gie, 1998 :Kamus Administrasi Perkantoran, Ilmu Teknologi, Jakarta;

Terry, George R, 1986: Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.

Undang Undang RI Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian.

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Winardi, J. 1990. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen,Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa.