Efektivitas Penerapan Prinsip Good Governance pada Pelayanan Publik di Kantor Camat Tanah Jawa

Main Article Content

Vica Mutiara Shandy
Dedi Amrizal

Abstract

Pelaksanaan tugas dalam konteks pemerintahan daerah masih menghadapi berbagai masalah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya guna mewujudkan good governance secara utuh. Permasalahan yang terjadi adalah masyarakat diposisikan sebagai pihak yang melayani bukan yang dilayani, kurang transparannya pengambilan keputusan yang dilakukan pemerintah, ketidakbebasan masyarakat dalam mengeluarkan pendapat, kritikan ataupun saran, serta masalah diskriminasi pelayanan yang melihat suku, agama, jabatan, dan hubungan kekeluargaan. Bagaimana efektivitas penerapan prinsip-prinsip good governance pada pelayanan publik di Kantor Camat Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. bagaimana efektivitas penerapan prinsip-prinsip good governance pada pelayanan publik di Kantor Camat Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan publik, namun informasi terbaru jarang didapat oleh masyarakat pedesaan, dan Pemerintahan Kecamatan sudah memenuhi kebutuhan masyarakat, namun belum berjalan efisien karena masih banyak membuang-buang waktu, serta pertanggungjawaban yang diberikan Pemerintahan Kecamatan sudah berjalan cukup baik

Article Details

Section
Articles

References

Adisasmita, R. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ali, F. (1997). Metodologi Penelitian Sosial Dalam Bidang Ilmu Administrasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1997.

Djohan, D. (2007). Potret Otonomi Daerah Dan Wakil Rakyat Di Tingkat Lokal. Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta.

Dwiyanto, A. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Emerson, H. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji Masagung, Jakarta.

Gie, T. L. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Liberty, Jakarta.

Hardiyansyah. (20 C.E.). Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media, Yogyakarta.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta, 2002.

Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Bumi Aksara,. Bumi Aksara, Jakarta.

Nugroho, D, R. (2004). Evaluasi Kebijakan Publik, Formulasi Implementasi. Gramedia, Jakarta., 2004.

Sedermayanti. (2003). Good Governance dalam Rangka Otonomi Daerah. Mandar Maju, Bandung, 2003.

Supriadi, F. J. dan D. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita, Yogyakarta.