Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning

Main Article Content

Febertina Zai

Abstract

Model pembelajaran Contextual Teaching Learning adalah suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa mengemukakan  gagasan sendiri dan bersifat nyata . Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika  melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sd September 2017 di kelas VII-H SMP Negeri 1 Gunungsitoli  dengan jumlah siswa 27 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 12 orang. Hasil dari  penelitian adalah hasil  belajar siswa pada pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning meningkat, dimana  pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 82 dengan persentase ketuntasan 80% dan rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 82% tergolong kategori baik, sehingga proses pembelajaran pada mata pelajaran  Matematika  terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  hasil  belajar siswa pada pelajaran Matematika meningkat  melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan  Proses pembelajaran pada mata pelajaran  Matematika  terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.

Article Details

Section
Articles

References

Dakir, 2004, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulm. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, 2006, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Muslich, Masnur, 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Konsektual. Malang: Bina Aksara

Mulyasa, E, 2005. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja sosdakarya: Jakarta

Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Dimyati dan Mudjiono.(1999).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rodaskarya Offset

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.