WHATSAPP GRUP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KULIAH ON LINE DENGAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID 19

Main Article Content

Abdul Masri Purba

Abstract

Wabah covid 19 yang melanda seluruh indonesia belum juga usai sehingga pembelajaran tatap muka mahasiswa universitas muhammadiyah di tiadakan sementara sampai covid 19 menurun, namun demikian perkuliahn tetap dijalankan meskipun dalam keadaan demikian salah satunya komunikasi dengan smartphone mengunakan aplikasi whasapp gorup melalui media on line tersebut dapat berkomunikasi antara mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik universitas muhammadiyah untuk bisa menyampaikan kuliah menggunakan Elearning yang merupakan teknologi informasi pendidikan untuk mengaktifkan siswa belajar kapanpun dan dimanapun melalui pembelajaran elektronik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan whatsapp grup sebagai pengantar media komunikasi kuliah on line dengan e-learning di masa pandemi covid 19 di universitas muhammadiyah sumatera utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian ini melakukan observasi terhadap whatshapp grup untuk masuk ke elearning. Sedangkan teknik analisi data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah aplikasi media komukasi dengan 2 grup whatsapp efektif karena merupakan salah satu alternatif yang baik digunakan dalam proses pembelajaran on line untuk masuk ke learing.sehingga mahasisiwa menjadi aktif dalam eleraning malaupun tidak bertatap muka langsung.

Article Details

Section
Articles

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online.

Wanastra. https://doi.org/2579-3438

Aminoto, T., & Dani, R. (2018). Pengembangan Model Diskusi Berbasis Whatsapp

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Statistik. Edu

Fisika. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i 01.5804 Pengembangan Model

Diskusi Berbasis Whatsapp Untuk. Edu Fisika.

https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i 01.5804

Ansam, H. (2020). Antisipasi Virus Corona, Ansam, H. (2020). Antisipasi Virus Corona,

Kampus Di Indonesia Putuskan Kuliah Online. Goriau.Com.

https://www.goriau.com/berita/baca/antisipasi-virus-corona-56-kampusdiindonesiaputuskan-kuliahonline.html

Argaheni, (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID19 terhadap siswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan

Aplikasinya, 8(2), 99- 109.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi

COVID-19 terhadap siswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan

Aplikasinya, 8(2), 99- 109. BANDA ACEH. Cyberspace: Jurnal Pendidikan

Teknologi Informasi. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and 202 Jurnal

Interaksi | Volume : 4 | Nomor : 2 | Edisi Juli 2020 | hlm 193 - 202 Divining. Atlantic

Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.201

972282Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of

Communication. https://doi.org/10.1080/15456870.201 5.972282

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C.,

An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of

Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Grover, S., Garg, B., & Sood, N. (2020). Introduction of case-based learning aided by

WhatsApp messenger in pathology teaching for medical students. Journal

of Postgraduate Medicine. https://doi.org/10.4103/jpgm.JPGM_2_19

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran

Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i2https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/1

/103917571/mendikbud-perguruan-inggi-di-semua-zona-dilarang-kuliah-tatapmuka Medan, tanggal 11 nopember 2021.

Laode Anhusadar. (2020). PERSEPSI MAHASISWA PIAUD TERHADAP KULIAH

ONLINE DI MASA PANDEMI COVID19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic

Early Childhood Education. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24

/kjiece.v3i1.9609

Nabilla, 2020. Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online Reny Nabilla

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung, Kota Bandar

Lampung, Indonesia Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4. No. 2, Juli

, hlm 193-202 Doi: 10.30596/interaksi.v4i2.4595 E-ISSN: 2580-6955 p199—

Prajana, A. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MEDIA

PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN UIN AR-RANIRY

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107 415324.004

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pemanfaatan Media

Sosial Melalui Whatsapp Grup Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal

Komunikatio. https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp

Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi

Islami : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

Tina Kartika, T. B. (2019). Komunikasi Antarpribadi Dan Komunikasi Kelompok Tenaga

Pengamanan Perambah Hutan Illegal Untuk Mengatasi Perambahan Hutan.

LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI.

Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada

Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di

Universitas Pgri Madiun. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.

Waller, V. and Wilson, J. 2001. A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter, pp.

-2.