MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN

Main Article Content

Saferia Daeli

Abstract

Model pembelajaran tipe Bertukar Pasangan adalah merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dengan menekankan pada pencarian pasangan masing-masing siswa untuk mendiskusikan atau membicarakan tugas yang diberikan oleh guru, yang kemudian bertukar pasangan lagi untuk memperkaya atau mencari kebenaran dari jawaban tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoensia melalui penerapan model pembelajaran tipeBertukar Pasangan dan mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indoensia melalui penerapan model pembelajaran tipeBertukar Pasangan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d September 2017 di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Gunungsitoli dengan jumlah siswa 15 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 5 orang. Hasil dari penelitian adalah hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indoensia melalui penerapan model pembelajaran tipe Bertukar Pasangan meningkat, dimana pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 83 dengan persentase ketuntasan 80% dan rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 83% tergolong kategori baik, sehinggaproses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indoensia terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran tipe 27 Bertukar Pasangan.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, dkk, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Arifah, Fatih, 2012, Evaluasi Pembelajaran, Mentari Pustaka, Yogyakarta

Dimyanti, Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Fathoni, Abdurrahmat, 2006, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, PT

Rineka Cipta, Jakarta

Hamalik, Oemar, 2011, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Harefa, Amin Otoni, 2011, Evaluasi dan Hasil Pembelajaran Matematika, IKIP FPMIPA,

Pendidikan Matematika, Gunungsitoli.

Hamzah, 2007, Model-model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Istarani, 2011, 58 Model-Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru Dalam

Menentukan Model Pembelajaran, MediaPersada, Medan.

Kunandar, 2007, Guru Profesional, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru,

PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, 2002, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sugiyono, 2004, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Tanpa Penulis, Tanpa Tahun, Pengertian Model Pembelajaran Bertukar Pasangan,

(online) (http://cuapfhiieear.blogspot.com,diakses tanggal 5 Juli 2017)

Uno Hamzah B, 2009, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif, Bumi Aksara, Jakarta.