EFISIENSI SALURAN PEMASARAN TANDAN BUAH KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) RAKYAT (Studi Kasus Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan)

Main Article Content

Wildani Lubis

Abstract

Penelitian yang berjudul Efisiensi Saluran Pemasaran Tandan Buah Kelapa Sawit (Elaeis guineensi Jacq) dilakukan di Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan efisiensi sistem pemasaran tandan buah kelapa sawit. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis saluran pemasaran dengan cara mendeskripsikan saluran pemasaran dan metode kuantitatif untuk menganalisis biaya, keuntungan, marjin pemasaran dan efisiensi sistem pemasaran. Responden pada penelitian ini yaitu 30 orang petani dan lembaga pemasaran. yang Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran yang di Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan yaitu(a) petani-pedagang pengumpul (agen)-pedagang besar (RAM)-Pabrik; (b) petani-pedagang besar (RAM)-pabrik. Biaya pemasaran yang dikeluarkan pada pola saluran pemasaran pertama sebesar Rp. 1.745/kg dan pola saluran pemasaran kedua sebesar Rp. 1.835/kg. Marjin pemasaran yang diperoleh dari pola saluran pemasaran pertama sebesar Rp.240/kg dan pola saluran pemasaran kedua sebesar Rp. 130/kg. Efisiensi pemasaran pada pola saluran pemasaran pertama sebesar 7,89% dan pola saluran pemasaran kedua sebesar 3,28% sehingga dapat disimpulkan bahwa pola saluran pemasaran pertama lebih efisiensi dari pada pola saluran pemasaran kedua

Article Details

Section
Articles

References

Afifuddin, S. dan Kusuma, SI. 2007. Analisis Struktur Pasar CPO : Pengaruhnya terhadap pengembangan ekonomi wilayah Sumater Utara. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, 2(3): 124 – 136.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2019. Sumatera Utara dalam Angka. Sumatera Utara

BPS, 2019. Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam angka. Kota Pinang.

Daniel, M. 2005. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Penerbit Erlangga.

Rahmanta, 2016. Analisis Pemasaran Kelapa Sawit di Kabupaten Labuhanbatu. Agrica Ekstensia. Vol. 11 No. 1 Juni 2017: 33-39

Soekartawi, 2004. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Zainal, 2017. Pemasaran Hasil Perikanan, UB Press. M alang.