PELAKSANAAN METODE LECTURES VARY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII UNGGULAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs. AL-WASHLIYAH TANJUNG MORAWA

Main Article Content

Halimah Tusa’diyah
Muhammad Syukri Azwar Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) Bagaimana pelaksanaan Metode Lactures Vary (ceramah bervariasi) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Unggulan pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts. Al-Washliyah Tanjung Morawa, (2) Bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru dalam  pelaksanaan metode lectures vary (ceramah bervariasi) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Unggulan pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts. Al-Washliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang dilaksanakan dengan di kelas VII Unggulan MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dtanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu redukasi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan  menggunakan metode lectures vary (ceramah bervariasi) pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT dan Pembagiannya di kelas VII-Unggulan MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa dapat meningkatkan hasil belajar yang sangat baik semula hanya 9 orang yang tuntas menjadi 35 orang yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,5. Penggunaan metode lectures vary pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai, keatifan siswa, penguasaan materi pembelajaran dan rasa percaya diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun kendala yang ditemui guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode lectures vary yaitu: siswa kurang aktif dan kurang percaya diri, kondisi kelas yang kurang kondusif serta alokasi waktu yang kurang tepat. Adapun dari semua kendala tersebut guru dapat mengatasinya.

Article Details

Section
Articles

References

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara,2012

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Anisah Basleman dan Syamsu Mappa, Teori Belajar Orang Dewasa, cet.1 Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Aris Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum ,Yogyakarta:Ar-Ruz Media, 2014

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012

Daniel Moehar, Metode Penelitian Sosial Ekonomi,Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Depag RI, Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (Standar kompetensi), Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam,2004

Ekawarna, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: GP Press, 2009

Firda Nugrahaini, Metode Penelitian Kualitatif,Solo: Cakra Books, 2014

Gulo,W., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Grasindo,2002

Hidayatullah, Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Ciputat Thariqi Press, 2012

Iif Khoiru Ahmadi, Pembelajaran Akselerasi Analisis Teori dan Praktik Serta Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Pembelajaran dalam Kelas Akselerasi, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011

Imam al-Ghazali, Membersihkan hati akhlak yang tercela, Jakarta: Pustaka Amani, 1996

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014

Mahmud Al-Mishri, Ensiklopedia akhlak Muhammad SAW, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2009.

Mahmud, Ali Abdul Halim, Karakteristik umat telaah manhaj, akidah, dan harakah, Jakarta: Gema Insani Press, 1996

Martinis Yamin, Strategi Pembelajran Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada Press, 2004.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2012

Ngalim Purwanto, 2004, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Rudi Ahmad Suryadi, & Uci Sanusi, Ilmu Pendidikan Islam,Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Shalih Fauzan bin Muhammad al-Fauzan, Kitab Tauhid-1, Jakarta: Darul haq, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara, 1998

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sulistyorini, Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: TERAS, 2009.

Syaiful Bahri Djamarah, Satrategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Cipta, 2006

Usman, Moh. Uzer, 2002, Menjadi Guru Profesional,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uswatun Khasanah, Kepemimpina Transformasional dalam Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: Jakad Publishing, 2019.

Wawancara dengan Bapak Edi Jatmiko, S.Pd.I Kepala Madrasah Mts. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 30 Juni 2021 pukul 08.30 WIB

Wawancara dengan Bapak Indra Rivani, S. HI, guru Akidah Akhlak Mts. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 14 Juli 2021 pukul 09.15 WIB

Wawancara dengan Bapak Indra Rivani, S. HI, guru Akidah Akhlak Mts. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 30 Juni 2021 pukul 09.00 WIB

Wawancara dengan Dinda Pertiwi, siswa kelas VII Unggulan MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 08 Agustus 2021 pukul 14.05 WIB

Wawancara dengan Intan Cahyati, siswa kelas VII Unggulan MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 08 Agustus 2021 pukul 14.02 WIB

Wawancara dengan Muhammad Anang Al-Habib, siswa kelas VII Unggulan MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa, tanggal 08 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB

Yatim Rianto, Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kecana, 2009.