Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Learning Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021

Main Article Content

Indra Maryanti
Faisal Yusa

Abstract

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Generative Learning terhadap kualitas pembelajaran matematika siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Generative Learning berpengaruh terhadap kwalitas pembelajaran matematika siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang berbentuk esay dengan jumlah 5 butir soal. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang.Dari hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,205 dan ttabel= 1,671, untuk taraf signifikan = 0,05. Hal ini, menunjukkan bahwa thitung < ttabel  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generative Learning berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran  matematika di SMP Muhammadiyah 05 Medan TP 2020/2021.

Article Details

Section
Articles